Halaman

Shwe Oo Min Sayadaw

Shwe Oo Min Sayadaw, tokoh Guru Dhamma Burma
Shwe Oo Min Sayādaw (Myanmar,1913 – 2002) adalah seorang meditator dan tokoh Guru Dhamma yang memiliki pusat meditasi internasional di Burma/Myanmar. Perihal Kelahiran
Lahir pada hari Senin 15 September 1913 pada pukul 7:48 pagi di bulan purnama. Bayi yang kemudian dikenal dengan nama Shwe Oo Min Sayādaw, dilahirkan di Desa Mokekhamu kotapraja KyaikHto di daerah Mon di Myanmar dari orang tua, ayahnya U Than dan Ibunya bernama Daw Taing Chone. Nama kecilnya Chit Maung Nyunt dan adalah anak pertama dari lima bersaudara. Seperti tradisi di desa-desa di seluruh Myanmar, pada usia 9 tahun, Chit Maung Nyunt, pada tahun 1922 Masehi diinisiasi sebagai Samanera (calon Bhikku) di Desa Mokekhamu, kotapraja KyaikHto Myanmar - Hman Kyaung - Biara Timur di bawah sokongan Sayādaw Bhaddanta Nandiya Thera dan diberi nama - Shin Kawthala. Samanera Shin
Kawthala, pada tahun 1930 Masehi, ia dikirim ke Nyaunglebin Ywama Dhamma Kyaung, Nyaunglebin kotapraja Baggo Taing untuk mempelajari Dhamma Tipitaka dan Disiplin Kebhikkuan (Vinaya). Pada tahun 1933, Shin Kawthala pada usia 20 dimulai dengan ditahbiskan sepenuhnya sebagai Biksu dengan nama yang sama Shin Kawthala, di bawah sokongan dari Sayādaw Bhaddanta Ariya Thera – Aggamahapanditta. Dalam mencari kebenaran - Dhamma, ia pertama kali pengalaman belajar, ia dimulai pada pendidikan dasar sebagai bhikku di bawah guru Dhamma pertama, Sayādaw Bhaddanta Nandiya Thera, di Hman Kyaung - Biara Timur, Desa Mokekhamu, Kotapraja Kyaikhto, di Myanmar. Sebagai Biksu muda, Shin Kawthala, belajar Vinaya, Tipitaka dan Pali bawah Sayādaw Nyaunglebin Tawya Ariya Bhaddanta Thera -- (Aggamahapanditta). Gurunya yang lain adalah Sayādaw Bhaddanta Ketaya (Naingganawwasariya), Sayādaw Bhaddanta Panyansataw Nyaunglebin Taikkwe Padanna untuk belajar lebih banyak tentang Pali, Pitaka.
Kemudian ia pergi ke Mahasi Sasana; pusat meditasi di Yangon dimana ia belajar meditasi Vipassanā dibawah bimbingan Y.M. Mahāsī Sayādaw. Pada tahun 1951 Mahāsī Sayādaw memberikan tanggungjawab kepadanya sebagai Guru Meditasi. Ia memenuhi tugasnya selama sepuluh tahun. Setelah Mahāsī Sayādaw wafat pada tahun 1982, Shwe Oo Min Sayādaw ditawari kedudukan yang paling terhormat sebagai guru tetap dari Mahāsī Yeiktha. Ia tidak menerima tawaran itu oleh karena menurutnya kedudukan itu tidak memberikan cukup waktu bagi ia sendiri untuk berlatih meditasi. Shwe Oo Min Sayādaw sangat berbeda dengan Sayādaw-Sayādaw lain yang terkenal dan “sukses”, dan ia tidak ingin menjadi seperti itu. Tidak adanya ‘pribadi’ dalam diri bhikkhu ini tampak begitu nyata, bahkan terlihat dalam fotonya. Ia berlatih setiap hari sepanjang hidupnya, dan ia masih tetap berlatih sepanjang hari setiap hari pada usia 88 tahun. Pada tahun 1960, Shwe Oo Min Sayādaw dihibahkan tanah di Pe Ywek Seik Kone Quarter di utara kotapraja Okkalapa, Myanmar. Ia mendirikan padepokan sendiri yang ia beri nama Dhamma Sukha Tawya, yang berarti Padepokan Kebahagiaan Dhamma. Itu nama dari vihara tempat tinggal Shwe Oo Min Sayādaw dan menjadi pusat meditasi internasionalnya. Kedua meditasi, Vipassanā dan Cittānupassanā, diajarkan di pusat meditasi itu menurut cara Shwe Oo Min Sayādaw. Pada tahun 1961, saat purnama di bulan Juli, ia meninggalkan Mahasi Center dan pindah ke Dhamma Sukha Tawya.[8] Di desa asalnya, Mukkhamu di negara bagian Mon, Myanmar ia mendirikan sekolah dasar dan menyediakan seragam, alat tulis dan buku-buku. Di desa yang berbeda ia mendirikan tempat retreat meditasi untuk anak-anak. Hal ini merupakan cita-cita Sayādaw agar anak-anak mendapatkan tidak hanya pendidikan sekuler tetapi juga pendidikan Dhamma. Ia juga mendirikan perpustakan yang menyediakan buku-buku dan kaset Dhamma di 20 desa. Sumbangan terpenting Sayādaw adalah buku Cittānupassanāyang ditulis oleh muridnya bernama Khemavamsa, (seorang bhikku Australia). Buku tersebut merupakan kutipan inti-inti ceramah Shwe Oo Min Sayādaw yang berisi tentang tuntunan sikap batin yang benar untuk seorang yang berlatih meditasi. Seperti Sayādaw lainnya di Myanmar dan Thailand, Shwe Oo Min Sayādaw juga mengajarkan meditasi Vipassanā yang diajarkan Sang Budha. Namun berbeda dengan teknik Vipassanā yang umum berkembang sekarang, “metodenya” lebih sederhana yang lebih menekankan pada Cittānupassanā (menyadari pikiran/batin) tanpa adanya ketegangan yang dipraktikkan dalam segala aspek kehidupan sehari hari. Hal ini tersirat dalam buku Cittānupassanā, disebutkan:“ "Mengamati batin dengan batin.
Dengan semua latihan, dalam semua posisi tubuh:berdiri,berjalan, duduk, berbaring, makan, dan sebagainya.”
“Perlu ada upaya sebesar-besarnya
tanpa memaksa, tanpa menimbulkan ketegangan.”
“Pencerahan muncul dari realisasi
bahwa pengamatan berlangsung tanpa si pengamat.
Mengalami berlangsung tanpa dia yang mengalami.””

Ia mulai mengajarkannya di Dhamma Sukha Tawya, yang ia yakini sesuai dengan praktik yang ia jalankan. Namun Sayādaw berkata, ini bukanlah ajaranku, melainkan ajaran Sang Buddha sendiri. Pada tahun 2002 bukanlah tahun penuh kenangan di Dhamma Sukha Tawya. Tidak ada apa pun di dunia fenomena ini yang tetap sama lebih dari sesaat, dan segala sesuatu pasti akan berubah. Shwe Oo Min Sayādaw wafat dengan tenang pada 20 November 2002 pada usia delapan puluh sembilan tahun.

Daftar Istilah
Cittānupassanā
Kontemplasi terhadap batin
Dhamma
Kebenaran
Sayādaw (Myanmar)
Sebutan untuk pengajar Dhamma; pengajar meditasi
Vipassanā
Meditasi pencerahan yang diajarkan Sang Budha, yang terdiri dari kontemplasi terhadap badan, perasaan, pikiran dan obyek-obyek mental(wikipedia )